SEKILAS INFO
06-12-2021
  • Selamat Datan di Website Sekolah Tinggi Agama Islam DDI SIDRAP
25
Mei 2020
MASKER DALAM HADITS RASULULLAH SAW
Oleh: Abdul Malik Tibe.
(Dosen STAI DDI Sidrap.)
Masker adalah alat yang digunakan menutup bagian wajah terutama hidung dan mulut dengan varian bentuk dan warna. Sekarang ini, penggunaan masker sangat dianjurkan oleh pemerintah bagi warganya. Penggunaan masker merupakan salah satu ikhtiar preventif (sadduzzari’ah) dalam menangkal penyebaran Covid-19. Berbagai elemen masyarakat pun ikut andil dalam pembagian masker gratis kepada masyarakat, sebagai langkah kebersamaan dalam melawan Virus Corona yang sekarang ini melanda dunia termasuk Indonesia. Walaupun sebagian pedagang mencoba meningkatkan nilai nominal masker di tengah pandemik ini dengan harga yang sangat melambung tinggi sehingga alternatif selanjutnya yang dilakukan oleh warga yang kreatif membuat sendiri di tempat masing-masing.
Penggunaan masker seperti yang disebutkan bukan hanya dikenal saat ini, namun di masa Rasulullah sudah dianjurkan penggunaannya. Dalam hadits Rasulullah Saw menganjurkan agar menutupkan kain atau tangan ke wajah (termasuk mulut) saat bersin menguap. Ini termasuk mengurangi penularan penyakit melalui udara, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Abu Dawud berikut:
إِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيْهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ
Terjemahannya:
Apabila salah seorang di antara kalian menguap maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena syaitan akan masuk (ke dalam mulut yang terbuka).
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ.
Terjemahannya:
Bahwasanya apabila Nabi Saw bersin, beliau menutup wajah dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya.
(HR. Ahmad II/439, al-Hakim IV/264, Abu Dawud: 5029, at-Tirmidzi: 2746).
Dari dua hadits tersebut dapat difahami bahwa anjuran pemerintah menggunakan masker sesuai dengan petunjuk Rasulullah Saw. sehingga diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Masa penggunaan masker menurut petunjuk dokter maksimal 4 jam harus diganti dengan yang baru, agar tetap higienis. Oleh karena itu gunakanlah masker terutama di tengah pandemik Covid-19, termasuk saat melaksanakan ibadah shalat. Menggunakan masker saat melaksanakan shalat tidak menghalangi sahnya shalat tersebut selama tidak menutupi dahi.
Wallahu a’lam bisshawab.
Sidenreng Rappang, 22 April 2020
KAMPUS
Jalan Tugu Tani Majelling Watang
Kecamatan Maritengngae
Kabupaten Sidenreng Rappang
SULAWESI SELATAN ~ 91611

INFO KONTAK
0421-3580322
+62811 444 5238
www.staiddi-sidrap.ac.id
staiddisidrap@yahoo.co.id